cara mengobati jantung sakit ketika batuk

cara mengobati jantung sakit ketika batuk >>batuk merupakan salah satu cara tubuh mempertahankan diri dari gangguan luar seperti penyakit flu,namun ada kalanya ketika batuk terjadi rasa sakit di bagian dada sebelah kanan.

Kondisi Terkait Sakit Dada Sebelah Kanan

Berikut beberapa penyebab timbulnya rasa sakit pada dada sebelah kanan:

  • Infeksi virus penyebab flu dan batuk bisa bertanggung jawab terhadap timbulnya rasa sakit di dada sebelah kanan. Rasa sakitnya akan kian terasa saat batuk dan melakukan pernapasan panjang.
  • Stres dapat memperburuk gangguan saluran pencernaan seseorang. Jika saluran cerna terganggu maka bisa memicu rasa sakit pada dada sebelah kanan.
  • Olahraga atau kegiatan yang melibatkan otot dada secara berlebihan bisa menyebabkan sakit dada sebelah kanan. Sakit ini biasanya berasal dari nyeri otot dan kian memburuk saat otot dada kanan digerakkan.
  • Masalah paru yang bisa menyebabkan sakit dada bagian kanan antara lain adalah pneumonia atau infeksi jaringan paru dan pleuritis atau radang selaput paru. Ada juga pneumothorax, yaitu kondisi paru yang kempis oleh karena trauma luar sehingga tekanan udara di dalam paru-paru serta pernapasan terganggu. Embolisme atau penyumbatan pembuluh darah di paru-paru juga bisa membuat dada sebelah kanan terasa nyeri.
  • Peradangan pada hati atau hepatitis juga menjadi salah satu kondisi kesehatan yang bertanggung jawab terhadap munculnya sakit dada sebelah kanan. Letak hati yang berdekatan dengan dinding rongga dada kanan adalah penyebab kenapa dada bagian kanan terasa sakit saat hati mengalami masalah serius.
  • Cedera pada tulang, otot, dan syaraf juga bisa menyebabkan nyeri dada sebelah kanan. Tulang iga kanan yang patah akan menyebabkan dada sebelah kanan sakit, terutama saat bernapas dan batuk. Otot dan tendon yang berada di antara tulang rusuk kanan juga bisa mengalami cedera karena batuk yang terlalu keras atau pergerakan sehingga menyebabkan sakit dada sebelah kanan.
  • Masalah pencernaan juga bisa menyebabkan sakit dada sebelah kanan. Misalnya saja GERD atau refluks asam yang bisa menyebabkan nyeri dan perih di dada bagian kanan karena kerongkongan dan jantung berbagi jaringan syaraf yang sama.
  • Radang pankreas juga menyebabkan rasa sakit di dada sebelah kanan bawah terutama saat berbaring. Rasa sakit akibat radang pankreas akan membaik tiap kali bersandar menghadap ke depan. Selain itu, tukak lambung juga berpotensi membuat sakit dada sebelah kanan.

 

===================================================================================

Obat Sakit Jantung alami Jelly gamat QNC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *