Rahasia Teripang Laut Taklukan Penyakit Tifus Kini Terungkap !

Demam tifoid merupakan salah satu penyebab penting morbiditas dan mortalitas di seluruh dunia oleh aktivitas  mikroorganisme,  seperti Salmonella  typhi dan Salmonella  paratyphi  A.

Salah  satu  sumber dari  alam bahari yang  digunakan  untuk  mencegah penyakit  tifioid  adalah  Teripang  Laut  Gamat

Hasil  pengujian  dengan judul : Aktivitas Antibakteri Ekstrak Dan Fraksi Teripang Laut (Stichopus horrens) Asal Langkawi, Malaysia terhadap Salmonella typhi ATCC 786 dan Salmonella paratyphi A Isolat Klinis

Arif Satria Wira Kusuma M.Si., Apt.; Dr. Tiana Milanda, Apt.; Ragavendra Ravee, B.Pharm Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran, Jatinangor – Sumedang.

menunjukkan bahwa  ekstrak  etanol Teripang  Laut memiliki aktivitas antibakteri terhadap Salmonella typhi ATCC 786 dan Salmonella paratyphi A isolat klinis pada konsentrasi  20%,  30%,  40%,  50% .

Ekstrak  ini berupa bentuk  kristal,  berwarna  kuning keemasan,berbau amis, dan berasa asin dengan rendemen 6.625% (b/b) dan kadar air 5 % (v/b). Fraksi teraktif dari ekstrak tersebut adalah fraksi etil asetat

Aktivitas antibakteri tersebut diduga berasal dari senyawa dari golongan alkaloid, flavanoid, saponin, monoterpenoid dan sequiterpenoid

Dari   hasil   penelitian   ini   dapat   disimpulkan bahwa ekstrak etanol dan fraksi Teripang Laut
(Stichopus horrens) memiliki aktivitas antibakteri  terhadap  bakteri Salmonella  typhi ATCC  786 dan Salmonella  paratyphi  A Isolat Klinis.

Dari fraksi  yang paling  aktif terhadap kedua   bakteri   uji   yaitu   fraksi   etil   asetat..
Rentang Konsentrasi Hambat Tumbuh Minimum (KHTM) untuk fraksi Teripang Laut terletak    pada    konsentrasi    10%-20 %    (b/v) terhadap kedua bakteri uji.Konsentrasi Bunuh Minimum  (KBM)  untuk  fraksi teraktif  iaitu fraksi etil asetat terletak pada konsentrasi 20% (b/v) terhadap    kedua bakteri    uji yaitu  Salmonella  typhi ATCC  786 dan Salmonella paratyphi A Isolat Klinis.

KLIK DI SINI UNTUK INFO DAN PEMESANAN !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *